WHAT'S NEW?
Loading...

Apa itu Advertising?

Advertising adalah taktik pemasaran atau suatu penyajian pesan kepada masyarak melalui medaia massa yang bertujuan untuk mempromosikan produk, layanan,barang atau jasa. Advertising merupakan media yang dapat memungkin produk, barang atau jasa yang dibuat perusahaan dapat mudah diterima konsumen dan mudah terjual. Pesan yang disampaikan dengan promosi disebut iklan atau iklan singkat. Tujuan iklan adalah menjangkau orang-orang yang paling mungkin bersedia membayar produk atau layanan perusahaan mereka dan menarik mereka untuk membeli produk tersebut serta untuk menemukan pelanggan ideal anda. Iklan juga dapat memungkinkan para konsumen dapat menerima dan dapat membandingkan pesan yang terkandung dan disampaikan dengan para pesaingnya. Advertising tidak dapat lepas dari ide, konsep, serta strategi untuk membuat iklan yang bagus dan indah. Berkembangnya dunia usaha membuat adversiting membuka usaha lain karena perusahaan lain akan menjual produk atau jasa kepada yang membutuhkan advertising. Periklanan(advertis) adalah bisnis ide dan kreatifitas menggambar hanyalah ekspresi citra yang kita tuangkan sebagai bentuk konsep ide di dalam pikiran namun akarnya tetap ide itu sendiri, menggambar lebih merupakan sarana untuk mencapai tujuan.Proses mengungkapkan ide dalam bentuk gambar penting dalam periklanan, namun gambar yang bagus dan indah bukan hal yang utama karena kita hanya dituntut untuk dapat menuangkan ide dalam bentuk citra gambarJadi, mampu menggambar dengan baik bukan persyaratan di dunia periklanan. Memiliki naluri dan ide pemasaran yang memungkinkan untuk memadukan sebuah usulan penjualan dan nilai-nilai komersial sebuah gagasan jauh lebih penting. Kegiatan kreatif yang berkaitan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi, produksi dan distribusi dari iklan yang dihasilkan, misalnya: perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah) dan elektronik (televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet,edaran, brosur dan reklame sejenis, distribusi dan delivery advertising materials atau samples, serta penyewaan kolom untuk iklan.

Segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal, serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.

Tujuan Advertising:
- Untuk memberitahu kepada para konsumen tentang mengenai informasi suatu produk atau jasa perusahaan
- Untuk membuat rasa suka pada diri konsumen terhadap produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan
- Untuk menggerakkan konsumen untuk menggunakan produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan

Fungsi Iklan:
- Sebagai alat komunikasi: Periklanan dapat menjadi alat komunikasi antara penjual dan pembeli secara tidak langsung.
- Memberikan informasi: Periklanan dapat menambah nilai pada suatu barang dan memberikan informasi kepada konsumen.
- Menciptakan kesan tertentu: Dengan sebuah iklan, orang akan mempunyai suatu kesan tertentu tentang apa yang diiklankan.
- Membujuk atau mempengaruhi: Iklan akan membuat konsumen terpengaruh akan barang atau jasa yang diiklankan dengan kata-kata menarik dalam iklan tersebut.

Struktur Iklan:
- Title: Bagian dari advertisement yang merupakan topik utama/judul, contoh Diskon sepatu 30 %.
- Explanation: Berisi mengenai penjelasan dari iklan tersebut.